Chat with us, powered by LiveChat

Dianggap Sering Bikin Gemuk, Ternyata Nasi Bisa Bantu Tekan Angka Obesitas

Bagi banyak orang, ketika mereka tengah diet, salah satu makanan yang pertama kali disingkirkan dari meja makan adalah nasi. Makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Asia ini kerap jadi yang pertama dihindari ketika ingin menurunkan bobot.

Namun sebuah penelitian mematahkan anggapan ini dan menyebut bahwa konsumsi nasi malah bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari The Star, penelitian ini dilakukan dengan melihat konsumsi nasi per hari serta asupan kalori dan data indeks massa tubuh dari 136 negara.

Dari penelitian itu diketahui bahwa bahkan konsumsi beras sebesar 50 gram per hari pada tiap orang dapat menurunkan angka obesitas di seluruh dunia hingga satu persen. Bahkan disebut bahwa pada negara dengan makanan pokok nasi, tingkat obesitas juga cenderung lebih rendah.

“Hasil penelitian menghubungkan bahwa tingkat obesitas cukup rendah yang mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok,” ujar Professor Tomoko Imai dari Doshisha Women’s College of Liberal Arts, Kyoto, Jepang.

“Selain itu, makanan Jepang ataupun makanan Asia yang berbasis nasi mungkin membantu mencegah obesitas,” sambungnya.

Imai juga menyebut bahwa pada beberapa negara, konsumsi nasi bisa menjadi jalan keluar untuk mencegah obesitas. Selain itu, dia juga menekankan bahwa nasi sesungguhnya rendah lemak.

“Melihat meningkatnya jumlah obesitas di seluruh dunia, mengonsumsi lebih banyak nasi sebaiknya direkomendasikan untuk melindungi terhadap obesitas terutama pada negara barat,” jelas Imai.

“Kemungkinan bahwa serat, nutrient, dan kandungan tumbuhan yang ditemukan pada biji-bijian ini meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan berlebihan,” sambungnya.

Hasil temuan ini menjelaskan bahwa nasi bukanlah biang onar dalam bertambahnya lingkar perutmu. Selain itu, nasi juga sebaiknya tidak menjadi musuh ketika berhubungan dengan diet karena yang paling utama adalah melakukan gaya hidup sehat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *